Launcing MTQ Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 di Provinsi Sumatera Barat

Selasa, 28 Juli 2020 15:16 WIB   0 Komentar   21 view
Image

PONTIANAK - Menteri Agama RI Fachrul Razi resmi meluncurkan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-XXVIII yang pada tahun ini akan digelar di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Launching MTQ ini dilaksanakan secara virtual yang disiarkan langsung dari Kantor Kementerian Agama RI dari Jakarta. Di Padang, acara diadakan di Hotel Grand Inna Muara, Selasa (28/7/2020).

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji mengikuti acara tersebut melalui Data Analytic Room (DAR) Kantor Gubernur Kalimantan Barat. Pejabat yang turut hadir mengikuti launching virtual ini yaitu, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalbar dan Ketua Umum beserta beberapa pengurus LPTQ Prov. Kalbar.

Dalam sambutannya, Menag Fachrul Razi mengatakan, sangat bersyukur dan gembira karena MTQ dapat dilaksanakan di Sumbar. Launching menurutnya menjadi penanda publikasi kepada kalayak masyarakat bahwa Sumbar sebagai tuan rumah siap segera menyonsong pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional.

“Saya mengapresiasi Gubernur Sumbar beserta jajaran dan segenap masyarakat Sumbar yang secara antusias mempersiapan Kota Padang sebagai tempat helat akbar,” katanya.

Meski berlangsung di tengah suasana covid-19, yang menjadi keprihatinan  bersama, namun tidak boleh menjadi alasan untuk tidak melaksanakan agenda nasional. “MTQ juga salah satu siar islam, yang harus dibina dan dikembangkan serta  dilestarikan,” ujar Menteri Agama.

Berkaitan dengan persiapan MTQ Nasional, Menteri Agama menekankan ada beberapa hal yang menjadi perhatian, pertama, dalam kondisi yang tidak seperti biasa, seluruh yang terlibat di dalam perhelatan akbar ini harus berkomitmen penuh menerapkan protokol kesehatan di semua lini.

 

 

Untuk anggaran, Menteri Agama mengingatkan baik bersumber dari APBN atau APBD maupun pihak ketiga, penggunaannya harus transparan, akuntabel, tepat guna dan tepat sasaran. Selain itu Menag mengatakan, dalam mengikuti MTQ setiap daerah harus menampilkan potensi qori dan qoriah masing masing. Jangan ada peserta yang didatangkan dari luar daerah hanya untuk meraih juara.

Dalam acara Launching ini Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan rasa gembira dan berbangga dengan adanya MTQ di Sumbar. “Syukur kita kepada Allah SWT, kita ucapkan terimakasih kepada Bapak Menteri atas suportnya,” ujarnya.

Menurutnya untuk menjadi tuan rumah MTQ Nasional merupakan penantian panjang, setelah terakhir Sumbar menjadi tuan rumah, butuh 37 tahun Sumbar menjadi tuan rumah kembali di tahun 2020 ini. Dengan menerapkan protocol kesehatan penanggulangan Covid-19, Sumbar sebagai panitia akan beruapaya maksimal untuk menyukseskan perhelatan ini meskipun ditengah pandemi covid-19.(th)